Posted by : Unknown Monday, February 4, 2013


Dewasa ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat dan sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Karena dengan teknologi manusia mampu melakukan sesuatu dengan lebih cepat, tepat, dan efisien.

Sebagai contoh kongkretnya di negara-negara maju sudah dikembangkan kendaraan-kendaraan yang berbahan bakar alternatif seperti gas, tenaga surya, listrik, dsb.

Di bidang robotik, kini robot-robot buatan Jepang sudah menjadi teman hidup bagi manusia seperti ASIMO ROBOT buatan Honda.


Di bidang informasi dan komunikasi, kini smartphone-smartphone sudah semakin smart lagi, sudah memuat banyak fitur-fitur canggih dan menarik, yang dapat memanjakan penggunanya dalam berkomunikasi.
Di bidang pendidikan, munculnya metode-metode pembelajaran baru yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Lalu bagaimana dengan perkembangan teknologi di Indonesia ini? Mungkin sekilas kita berfikir bahwa negara kita ini belum ada apa-apanya dibanding dengan negara-negara lainnya.

Namun pada kenyataannya, generasi-generasi Indonesia saat ini tidak seperti apa yang kita pikirkan. Banyak prestasi di bidang teknologi yang berhasil diraih oleh anak bangsa ini. Salah satunya yaitu teman kita dari SMA N 10 Malang, Jawa Timur yang bernama Nurul Inayah dan Nando Novia yang berhasil menciptakan sebuah mesin mobil bertenaga urine.

Hasil dari penemuan mereka ini mereka beri nama Photo Electro System dengan kemampuan mengubah 1 liter urin menjadi 6 volt listrik. Jika digunakan dalam sebuah mobil remote kontrol, tenaga tersebut cukup untuk menempuh 17 km dengan kecepatan 60 - 80 km/jam.

Mereka pun berhasil meraih medali emas bidang engineering di ajang kompetisi International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) ke-6 yang dilaksanakan pada 27-29 April 2012 di Tbilisi, Georgia dan diikuti 101 peserta lain dari 40 negara.

Selain itu tanpa kita sadari banyak produk-produk anak bangsa yang sudah bersaing di dunia Internasional seperti :

Produk Komputer, Laptop, dan Komputer tablet:
  • Advan, BYON, Forsa, Axioo                                                                                                    Keempat laptop ini memang perusahaannya milik Indonesia, tetapi hanya berupa rakitan dari komponen-komponen Laptop yang dikirim dari Taiwan.
  •  Zyrex                                                                                                                                   Didirikan pada tahun 1996 dengan nama PT. Zyrexindo Mandiri Buana. Hampir semua komponennya buatan Indonesia. Dan pastinya juga dirakit di Indonesia. 


Produk Handphone:
  •  Nexian


Produk alat-alat elektronik :
  •  Polytron                                                                                                                                         Merk elektronik ini mungkin sudah lama dikenal. Satu-satunya produsen barang elektronik lokal yang mapu bersaing dengan barang elektronik asing. Didirikan pada tahun 1975 dengan nama PT. Indonesia Electronic & Engineering. Kemudian saat ini namanya berganti menjadi PT. Hartono Istana Teknologi. Pabriknya berlokasi di Semarang dan Kudus.


Produk Mobil :

  • Esemka Digdaya                                                                                                                       Mobil ini adalah hasil karya anak-anak SMK 1 Singosari Malang, kendaraan ini berjenis MPV dan siapa sangka mobil hasil karya anak SMK yang nota bene masih berumur 16-17 tahun ini begitu sempurna dan dijamin harga jualnya akan terjangkau.


Lalu kenapa kemajuan teknologi di Indonesia ini terkesan lambat? Dari berbagai sumber informasi yang telah saya dapat, lambatnya perkembangan teknologi di Indonesia antara lain disebabkan oleh:

1.      Faktor manusia atau rakyat Indonesia itu sendiri
Sebagian dari masyarakat Indonesia memiliki rasa untuk ingin maju dengan cara yang instant atau mudah. Orang-orang hanya berpikir bagaimana mereka bisa membeli dan bagaimana mereka bisa menggunakannya.
Sehingga masyarakat Indonesia hanya membeli dan menggunakan produk-produk hasil dari kemajuan teknologi bangsa lain. Mereka tidak berpikir bagaimana cara membuatnya dan bagaimana keuntungan yang dapat didapat jika kita menghasilkan produk-produk itu sendiri.

2.      Faktor Pemerintah Indonesia
Sebenarnya sudah banyak anak-anak bangsa yang berhasil menciptakan suatu produk-produk teknologi dan bahkan produk-produk mereka tersebut sudah diakui dunia melalui lomba-lomba di bidang teknologi.
Namun pemerintah Indonesia dirasa kurang peduli dengan hal ini dan tidak melihat peluang baik dari penemuan-penemuan anak bangsa ini.
Jadi penemuan-penemuan anak bangsa ini hanya selesai sebatas menjadi laporan penelitian dan karya-karya ilmiah serta piagam-piagam penghargaan dari berbagai lomba-lomba internasional. Pemerintah saat ini belum mau mengembangkan produk-produk tersebut. Baik dalam segi kualitas maupun kuantitas karena hanya melihat dari keuntungan jangka pendeknya saja.

3.      Daya beli produk dalam negeri yang rendah
Masyarakat Indonesia lebih bangga apa bila menggunakan produk-produk dalam negeri. Sehingga para produsen-produsen dalam negeri sangat minim peminatnya sehingga untuk meningkatkan segi kualitas dan kuantitas dirasa sangat sulit karena modal yang pas-pasan.

  
Selanjutnya apa upaya yang dapat kita lakukan dalam rangka meningkatkan kemajuan teknologi di negara kita ini?

Upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh kita maupun pemerintah dalam upaya meningkatkan kemajuan teknologi di Indonesia ini yaitu :
  1.     Dukungan dari pemerintah terhadap dunia pendidikan dan lembaga-lembaga riset dan teknologi
  2.      Adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, dunia pendidikan, dan perusahaan-perusahaan atau pemilik modal
  3.      Masyarakat harus mulai mencintai dan memakai produk-produk teknologi dalam negeri. Dengan demikian akan mendorong dan menumbuh kembangkan kreatifitas anak-anak bangsa di bidang teknologi.
  4.     Di bidang pendidikan, generasi-gernerasi muda bangsa Indonesia sejak dini harus ditingkatkan rasa ingin tahunya supaya mereka mau berusaha membuat sendiri produk-produk tekonoligi yang kini Indonesia masih membelinya dari negara lain.


Jadi marilah kita mensejajarkan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain yang sudah maju di bidang teknologi, dengan cara mengembangkan kemampuan-kemampuan kita untuk membantu bangsa ini bangkit dari keterpurukan teknologi. Yang terutama mulailah mengembangkan sifat bangga menggunakan produk-produk dalam negeri dan berusaha membuat serta menciptakan produk-produk teknologi atas nama bangsa Indonesia sendiri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Total Pageviews

Visitor

Flag Counter

Popular Post

Powered by Blogger.

Followers

Blog Archive

- Copyright © Windows World -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -